SMA Negeri 1 Dander mengikuti lomba Lawatan Sejarah tingkat provinsi, Rabu(19/02/2020) s.d (20/02/2020). Lomba Lawatan Sejarah ini bertempat di Kediri dan diikuti oleh seluruh SMA se-Jawa Timur, dan SMA Negeri 1 Dander diwakili oleh Amelia Putri Ramadhani siswi kelas X. IPS 2 dengan didampingi oleh Ibu Andri Dwi Astuti.

Latar belakang ditunjuknya Amel sebagai perwakilan dari SMA Negeri 1 Dander yaitu, awalnya amel ditawari mewakili sekolah untuk mengikuti Lomba Lawatan Sejarah oleh salah satu Guru Sejarah yaitu Bapak Satria. Ketika itu amel langsung tertarik dengan tawaran Bapak Satria untuk mengikuti lomba lawatan sejarah. “Motivasi saya mengikuti lomba lawatan sejarah ini adalah untuk menambah pengalaman dan prestasi saya, dan saya ingin lebih mendalami tentang Sejarah khususnya Sejarah Bojonegoro, yaitu kota kelahiran saya”, ujar Amel.

Sebelum berangkat lomba, ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh Amel meliputi, yang pertama yaitu mendalami dan menguasai materi yang diberikan oleh Guru Pembimbing, yang kedua menyiapkan KTI (Karya Tulis Ilmiah) dan yang ketiga mempersiapkan salah satu tari yang akan dia persembahkan yang masuk dalam kriteria penilaian perlombaan.

Tibalah saat perlombaan berlangsung. Hari pertama yaitu mengunjungi beberapa lokasi di Kediri (Koramil 0809/II Pare, Jembatan Brawijaya, Markas Polres Kediri, Dinas Residen Kediri dan Gereja Merah). Hari kedua kegiatan berlangsung di Hotel Insumo Palace, kegiatan tersebut meliputi presentasi, debat dan babak penentuan yang lolos ke tingkat Nasional. “Lomba berlangsung menegangkan namun sangat seru, saya  sangat menikmati tahap demi tahap perlombaan tersebut.”, ujar Amel. Namun pada tahap presentasi, hanya 5 anak yang ditunjuk melalui undian dan Amel tidak terpilih. Namun Amel mendapat kesempatan untuk mempersembahkan sebuah tampilan berupa tari Thengul dan tampilan ini masuk dalam kriteria penilaian.

Dari 100 peserta, yang lolos ke tingkat Nasional yaitu 27 anak dan 5 Guru pembimbing. Amel mendapatkan juara 4. “Alhamdulillah saya mendapatkan juara 4, dan saya berhak melanjutkan ke tingkat Nasional”, ujar Amel. Dengan prestasi yang didapatkan oleh Amel maka bertambah pula prestasi yang didapatkan oleh SMA Negeri 1Dander.

Selanjutnya Amel akan mempersiapkan dirinya untuk melanjutkan perlombaan ke tingkat nasional.

Oleh : NURWITA IRFATUS SHOLIKAH (XI. MIPA 1).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *