Siswa SMA Negeri 1 Dander mengikuti Kompetisi Sains Nasional, Rabu (11/03/2020). Peserta dari SMA NEGERI 1 DANDER  sejumlah 20 anak . Semua biaya Registrasi peserta ditanggung pihak sekolah.  Sebelum pelaksanaan lomba sekolah mengadakan seleksi terhadap peserta. Setelah terpilihnya peserta persiapan yang dilakukan sekolah dengan memberikan bimbingan  secara intensif kepada peserta yang telah terpilih.

Menurut  Bu Ardin Mutia Pramesty, S.Sos.  Selaku guru pembimbing  menjelaskan bahwa  KSNK di adakan setiap satu tahun sekali yang diikuti oleh seluruh SMA/MA di Kabupaten Bojonegoro. Mata pelajaran yang dilombakan antara lain: Geografi, Astronomi, Kebumian, fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Matematika. Beliau menjelaskan bahwa peserta dari SMA NEGERI 1 DANDER mengikuti seluruh mapel yang dilombakan.

Putri Dwi Juniati  salah satu peserta lomba KSNK  dari SMA NEGERI 1 DANDER. Salah satu siswa yang dipilih untuk mengikuti  KSN mata pelajaran  matematika. Yang dilaksanakan di SMA NEGERI MODEL TERPADU pada hari selasa, 10 maret 2020. Menurut penjelasan putri ia dipilih untuk mengikuti lomba KSN  1 bulan sebelum pelaksanaan lomba, “saya diberitahu bapak ibu guru untuk mrngikuti lomba KSN mata pelajaran matematika 1 bulan sebelum pelaksanaan lomba .” kata Putri. Setelah adanya pemberitahuan  putri  menjelaskan bahwa dia mengikuti bimbingan setiap hari kamis dan jum’at bersama ibu Elisa Hartini. Selanjutnya penjelasan dari  Fika Anggraeni salah satu peserta lomba KSNK mata pelajaran astronomi dia mengikuti bimbingan pada hari rabu dan kamis bersama bapak Alif Putra Akbar Wibowo. Menurut penjelasan mereka jumlah soal masing-masing mata pelajaran  berbeda-beda. Pada mata pelajaran matematika jumlah soal 20 butir, 10 soal kemampuan dasar  dan 10 soal kemampuan lanjut dan ketentuan nilainya:

Apabila benar nilainya 2

Apabila salah nilainya 0

Apabila tidak diisi nilainya 0

Ini berlaku pada soal kemampuan dasar. Dan:

Apabila benar nilainya 4

Apabila salah nilainya -1

Apabila tidak diisi nilainya 0

Ini berlaku pada soal kemampuan lanjut. Sedangkan jumlah soal dan ketentuan  nilai mata pelajaran lain berbeda. Pada mata pelajaran astronomi jumlah soalnya 30 pilihan ganda. Harapan dari peserta semoga  dapat memberikan yang terbaik untuk sekolah. Harapan dari guru pembimbing peserta dari SMA NEGERI 1 DANDER dapat menjuarai KSNK tahun 2020 dan kedepannya KSNK perlu dilakukan lebih intensif dan lebih antusias.

Oleh : Via Putri & Rizqi Wulan (X MIPA 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *