SMA Negeri 1 Dander mengadakan kegiatan Study tour di Bali, Jum’at (21/02/2020) s.d. (25/02/2020). Kegiatan yang diawali dengan apel siang ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI. Apel dimulai pada pukul 12:30 sampai pukul 13:00 WIB.

“Anak-anak sebelum kalian berangkat Bapak berpesan ketika kalian sudah sampai di Bali kalian harus menjaga sikap baik dalam bertingkah atau dalam bertutur kata, dan patuhi peraturan yang telah dibuat oleh sekolahan”, pesan Bapak Wantono Gono Putro selaku Kepala SMA Negeri 1 Dander. Perlu diketahui rombongan peserta study tour terbagi dalam 4 bus. Kelas XI Mipa 1 tergabung dalam bus 1, kelas XI Mipa 2 di bus 2, Kelas XI Mipa 3 di bus 3, Kelas XI IPS 2 di bus 4, sedangkan kelas XI IPS 1 dibagi di keempat bus karena tiap bus berkapasitas 50 tempat duduk, sedangkan jumlah siswa tiap kelas rata-rata 36 anak.

                Rombongan berangkat pada pukul 13:10 WIB, melewati rute Nganjuk, jalan tol Jombang – Probolinggo. Sampai di pelabuhan pada hari Sabtu pukul 00:10 WIB. Setelah sampai di pulau Bali kurang lebih pada pukul 04:00 WITA lokasi pertama yang dituju adalah Rumah Makan Kenanga, kegiatan yang dilakukan ditempat tersebut adalah mandi, sholat, dan sarapan. Kemudian rombongan menuju lokasi wisata pertama yaitu di Pantai Lovina. Dilokasi tersebut kita dapat melihat keindahan pantainya yang terdapat lumba-lumba.

                Lokasi wisata kedua yang dituju adalah Candi Kuning yang berlokasi di Bedugul Kabupaten Tabanan. Di lokasi tersebut kita dapat menikmati udara segar karena bertempat di perbukitan dan terdapat danau yang membuat suasana hati menjadi tenang dan tentram. Tidak heran jika banyak wisatawan yang sangat menggemari tempat ini. Selanjutnya rombongan istirahat makan siang di rumah makan yang terletak didekat Candi Kuning. Pukul 13:00 WITA rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata ketiga yaitu ke Pantai Kuta yang perjalanannya ditempuh selama 2.5 jam dari Rumah Makan.

Candi Kuning – Bedugul

                Waktu berkunjung rombongan di Pantai Kuta sampai pukul 17.00 WITA. Di Pantai Kuta kita dapat bersantai menikmati gemuruh ombak yang sangat besar dan suasana yang sangat menyejukkan sambil ditemani minuman kelapa muda yang menyegarkan. Setelah menikmati suasana di pantai kuta rombongan melanjutkan perjalanan yaitu menuju ke Joger untuk berbelanja oleh-oleh khas Bali. Selanjutnya rombongan makan malam di rumah makan dekat joger. Selesai makan malam rombongan melanjutkan perjalanan ke hotel Seminyak Garden untuk beristirahat.

             Keesokan harinya yaitu pada hari minggu sekitar pukul 07:00 WITA rombongan berkumpul dilantai bawah hotel untuk sarapan. Setelah selesai sarapan sekitar pukul 08:00 WITA  rombongan melanjutkan kegiatan study tour, lokasi pertama yang dikunjungi adalah Krisna yaitu salah satu tempat belanja atau pusat oleh-oleh di Bali, banyak siswa siswi yang menyerbu tempat ini untuk berbelanja terutama mereka membeli makanan khas dari Bali yang sudah tidak asing lagi dan sangat familiar yaitu Pie Susu. Harga dari pie susu di Bali bervariasi yaitu dari harga termurah sekitar Rp 16.000,00 sampai harga termahal sekitar Rp 100.000,00.  Yang menentukan harga dari pie susu di Bali ini yaitu dari isi per kotak dan varian rasanya. Setelah selesai memborong belanjaan di Krisna rombongan melanjutkan perjalanan di lokasi kedua yaitu ke Dewata.

                Ketika sampai di Dewata di sana kita dapat menyaksikan secara langsung bagaimana cara pembuatan dari pie susu, jadi kita tidak hanya memborong makanan khas dari Bali yaitu pie susu namun kita juga dapat mengetahui bagaimana proses pembuatan dari pie susu yang sangat digemari banyak orang. Selain kita dapat melihat proses pembuatan pie susu, di Dewata kita juga dapat berbelanja oleh-oleh karena di lantai bawah terdapat tempat berbelanja. Selanjutnya rombongan langsung menuju ke lantai atas untuk makan siang, setelah selesai makan siang rombongan diberi kesempatan lagi untuk berbelanja oleh-oleh di Dewata. Sekitar pukul 13:00 WITA rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi ketiga yaitu ke Puja Mandala atau yang sering disebut dengan tempat ibadah 5 umat beragama yang berbeda.

                Saat di Puja Mandala rombongan mampir sejenak untuk beribadah. Di Indonesia terdapat beraneka ragam budaya, suku, bahasa dan agama, namun meskipun demikian kita sebagai bangsa Indonesia harus menjunjung tinggi persatuan bangsa kita yaitu salah satunya dengan cara saling menghormati antara agama satu dengan agama lainnya. Di Puja Mandala inilah kita semua dapat beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing. Setelah selesai beribadah rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi keempat yaitu di Pantai Pandawa.

                  Saat itu cuaca di Pantai Pandawa sangat panas, namun karena keindahan dan keelokannya membuat kita bersemangat untuk menyusuri tepi pantai dan membuat kita lebih memilih bersahabat dengan terik matahari dari pada berteduh dibawah pohon. Keindahan Pantai Pandawa dapat membuat suasana hati kita menjadi tenang dan sejenak kita dapat melepaskan beban pikiran kita, karena disana kita ditemani oleh air dan ombak tenang, langit yang cerah dan pepohonan yang menyejukkan. Tidak heran jika Pantai Pandawa menjadi salah satu objek wisata yang unggul di Bali karena selain indah Pantai Pandawa sangat cocok digunakan sebagai tempat selfie atau pemotretan.

             Waktu berkunjung di pantai pandawa telah habis yaitu sekitar pukul 15:00 WITA rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi kelima yaitu di GWK (Garuda Wisnu Kencana). Di GWK kita dapat melihat patung tertinggi ke 3 di dunia. Meskipun letak patung dari tempat bersantai lumayan jauh namun itu semua tidak menjadi alasan kita bermalas-malasan untuk mendekati patung yang agung itu karena disana telah disediakan kendaraan khusus yang mengantar wisatawan untuk mendekati patung tersebut. Meskipun telah disediakan kendaraan khusus tidak sedikit wisatawan yang lebih memilih berjalan supaya dapat menikmati suasana perjalanan menuju ke tempat patung tersebut  berdiri. Selain kita dapat melihat keagungan dari patung tersebut  di GWK kita dapat bersantai di halaman yang luas dan sejuk. Di sana kita dapat menyaksikan beberapa tarian dari Bali yang ditarikan secara langsung oleh gadis-gadis Bali yang rupawan dan dengan diiringi dengan alunan musik yang dimainkan oleh para pemuda Bali yang tampan. Tidak hanya mempersembahkan sebuah tarian namun beberapa penari mengajak secara langsung para wisatawan untuk menari bersamanya. Ada tiga orang dari SMA Negeri 1 Dander yang diberi kesempatan untuk menari bersama penari dari Bali. Yang pertama kali ditunjuk yaitu siswa dari kelas XI-IPS 2 yang bernama Rokim, yang ditunjuk kedua adalah dari Bapak Guru yaitu Bapak Bambang, beliau sangat lihai mengikuti gerakan tarian dari penari Bali tersebut, tidak heran jika sorak dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Dander turut meramaikan suasana di sana, yang ditunjuk ketiga adalah siswi dari kelas XI-MIPA 2 yaitu Natasya, tidak diragukan lagi kemampuan menari Natasya, dia sangat anggun dan luwes saat mengikuti gerakan dari penari Bali tersebut. Namun dari beberapa tarian yang dipersembahkan saat di GWK, tarian yang sangat menarik daya tarik wisatawan yaitu tari Kecak. Sangat menegangkan dan menyenangkan saat kita dapat menyaksikan secara langsung persembahan tari kecak di Bali. Tidak terasa waktu berkunjung di GWK telah habis sekitar pukul 19:30 WITA rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi keenam yaitu di Karang Kurnia.

              Saat di Karang Kurnia rombongan beristirahat untuk makan malam, setelah selesai makan malam rombongan diberi kesempatan untuk berbelanja. Selanjutnya sekitar pukul 22:00 WITA rombongan kembali ke hotel Seminyak Garden untuk beristirahat.

               Keesokan harinya yaitu pada hari senin sekitar pukul 07:00 WITA rombongan berkemas untuk meninggalkan hotel Seminyak Garden, namun sebelum meninggalkan hotel rombongan berkumpul dilantai bawah untuk sarapan. Setelah selesai sarapan rombongan melanjutkan kegiatan study tour. Lokasi pertama yang dituju adalah Museum Bajra Sandi atau yang sering disebut dengan museum perjuangan rakyat Bali. Dinamakan museum Bajra Sandi karena bentuknya menyerupai bajra atau genta yang digunakan oleh para pendeta untuk melaksanakan upacara keagamaan. Disana kita dapat melihat patung-patung yang diambil dari tokoh pewayangan dan juga peninggalan-peninggalan sejarah yang berupa keris dan beberapa senjata lainnya. Di museum Bajra Sandi sangat kental akan nilai sejarah perjuangannya.

               Sekitar pukul 12:30 WITA rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi kedua yaitu ke Tanah Lot. Namun sebelum masuk kawasan Tanah Lot rombongan terlebih dahulu mampir sejenak untuk makan siang di rumah makan dekat Tanah Lot. Setelah selesai makan siang rombongan langsung menuju ke tempat wisata Tanah Lot. Di Tanah Lot kita dapat melihat ular yang dianggap suci oleh masyarakat setempat, dan di sana terdapat pantai yang menjadi jalan penyeberangan untuk kita menuju ke gua. Saat di tanah lot kita dihimbau untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang atau hal-hal yang negatif karena kawasan tersebut termasuk kawasan yang dianggap suci oleh masyarakat setempat. Tidak terasa waktu berkunjung di tanah lot telah habis dan kegiatan study tour di Bali telah usai.

Sekitar pukul 17:00 WITA rombongan melanjutkan perjalanan ke pelabuhan ketapang. Setelah kurang lebih 1 jam rombongan sampai di pelabuhan dan lansung menuju rumah makan Chen-Chen yang tidak jauh dari pelabuhan untuk makan malam. Tidak lama setelah makan malam selesai, rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju Bojonegoro, kali ini Bus melewati rute tol Surabaya-Gresik. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 8 jam. Alhamdulillah rombongan sampai di SMA Negeri 1 Dander pukul 04.00 WIB dalam keadaan selamat dan senang. Sampai jumpa pada Study Tour minggu depan.

Oleh : Nurwita Irfatus Sholikah (XI-MIPA 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *