Suatu kegiatan mulia diselenggarakan oleh SMAN 1 Dander, Jum’at (13/03/2020). Kegiatan tersebut ialah kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Bojonegoro. Menariknya kegiatan tersebut banyak dibantu oleh siswa-siswi yang terlibat dalam ekstra Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Dander. Tujuan diadakannya kegiatan donor darah tidak lain untuk mengajarkan siswa-siswi melakukan bakti sosial dan peduli terhadap sesama manusia.

“Sekolahan ini sedang menggelar donor darah agar anak-anak terbiasa melakukan bakti sosial dan membantu sesama,” kata Bu Fitri, Waka Kesiswaan SMAN 1 Dander. Kegiatan yang bertajuk “Melalui Sekantung Darah Selamatkan 1 Jiwa dan Beribu Kebahagiaan” ini selain diikuti oleh siswa-siswi kelas 11 dan 12 yang usianya diatas 17 tahun, juga diikuti oleh Bapak/Ibu Guru/Karyawan.

Untuk menjadi peserta donor darah, selain usia minimal 17 tahun, pendonor harus memenuhi beberapa kriteria lainnya. Diawal peserta diminta untuk menimbang berat badan terlebih dahulu. Berat badan minimal untuk pendonor adalah 47 kg. Setelah itu pendonor menemui petugas untuk dicek golongan darah dan tingkat Hemoglobin (Hb) nya. Kadar Hb yang normal bagi pria umumnya sekitar 13,8 sampai 17,2 g/dL. Sedangkan untuk wanita adalah 12,1 sampai 15,1 g/dL, dan jika lebih dari itu, dinyatakan memiliki jumlah Hb tinggi.

Banyak siswa/siswi yang tidak lolos sebagai pendonor, entah karena berat badan kurang ataupun tingkat Hb yang kurang normal. Total pada kesempatan kali ini terdapat 47 pendonor dari siswa/siswi dan bapak/ibu guru/karyawan. “Saya senang dengan adanya kegiatan seperti ini, karena bisa membantu orang, awalnya takut, setelah mencoba ternyata tidak apa-apa,” kata Nurwita Irfatus Sholikah, siswa kelas XI Mipa 1.

Kedepannya kegiatan ini akan terus dilakukan, bahkan akan ditingkatkan menjadi tiga sampai empat kali dalam setahun, sebelumnya PMR SMAN 1 Dander hanya mengadakan dua kali dalam setahun. (Rnd/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *