Dander. Keselamatan jiwa bagi seluruh keluarga besar SMAN 1 Dander di jalan menjadi prioritas utama sekolah ini. Mengingat sekolah ini berada di jalur poros provinsi penghubung antar kabupaten, yaitu Bojonegoro dengan Nganjuk. Berlokasi di Jl. Raya Km 2 Dander. Sekolah ini menempati letak yang strategis bagi siswa yang dari arah Barat (Temayang Sugihwaras, Gondang) kemudian dari arah Selatan (Bubulan), Timur (Dander Ngasem) dan yang arah Utara (Bojonegoro). Karena menjadi jalan poros provinsi tentu lalu lintas kendaraan tidak hanya kendaraan kecil tetapi juga kendaraan besar menjadi perhatian bagi sekolah ini untuk menjaga keselamatan baik guru, tenaga kependidikan dan siswa.

Kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di sepanjang jalan posor ini pernah terjadi. Ada yang melibatkan siswa maupun orang lain. Berdasarkan catatan kepolisian, memang tidak ada yang sampai terjadi kasus meninggal dunia. Tetapi kecelakaan ini menjadi perhatian khusus sekolah ini, agar dikemudian hari bisa mengurangi kecelakaan lalu lintas.

Dari kasus-kasus yang terjadi, sekolah mengusulkan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro untuk dibangunnya lampu penyeberangan lalu lintas di depan sekolah. Yang bertujuan untuk membantu siswa dan guru menyeberang jalan ataupun masuk ke halaman sekolah Usulan diajukan pada tahun November 2019, dan realisasi pembangunan dilakukan pada akhir tahun 2020 sekitar bulan Desember 2020 pembangunan lampu penyeberangan jalan dilaksanakan, dan selesai pada akhir tahun 2020.

Saat ini lampu penyeberangan jalan sudah siap dipakai dan dimanfaatkan keluarga besar SMAN 1 Dander. Di kesempatan ini, Kami mewancarai petugas dishub yang sedang melakukan pengecekan sekaligus perawatan lampu yaitu Bapak Darus. Beliau menyatakan bahwa pemeliharaan dan perawatan dilakukan berkala guna menjaga lampu penyeberangan berungsi dengan baik. Beliau juga berpesan agar lampu penyeberangan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas. (SAT/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *