SMA Negeri 1 Dander melaksanakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis masa bakti 2020/2021, Kamis 1 Oktober 2020. Pemilihan yang dilakukan secara langsung dan online ini diikuti oleh seluruh warga SMA Negeri 1 Dander. Pada pemilihan ketua dan wakil ketua osis tahun ini mengusung dua pasangan calon (yang selanjutnya disebut paslon), yang pertama yaitu Junityo Moamar R. A dan Mahandika Purnama, sedangkan yang kedua yaitu Ibnu Yahya dan Naghita Aratamevia A. Pemilihan dimulai pada pukul 08:00 WIB sampai pukul 11:00 WIB. Sebelum dilaksanakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis Pers Smansada terlebih dahulu mewawancarai kedua paslon. Paslon yang pertama menjelaskan latar belakang mereka mencalonkan diri sebagai ketua dan wakil ketua osis yaitu karena ingin menyelenggarakan program-program yang telah dibuat dengan kerja sama seluruh anggota. Salah satu program mereka adalah mengembangkan bakat siswa dan siswi SMA Negeri 1 Dander di bidang musik yaitu hadroh dan karawitan. Paslon yang kedua juga menjelaskan latar belakang mereka mencalonkan diri sebagai ketua dan wakil ketua osis yaitu karena ingin memajukan SMA Negeri 1 Dander supaya lebih baik lagi, ingin belajar memimpin sebuah organisasi dan ingin mengembangkan bakat siswa dan siswi SMA Negeri 1 Dander.

 Sehari sebelum pemilihan diadakan sosialisasi sekaligus kampanye dari seluruh paslon untuk menyampaikan visi dan misinya. Dari Paslon 1 Visinya yaitu: Menjadikan siswa dan siswi SMA Negeri 1 Dander, generasi yang ber akhlak mulia, berintegritas, peduli lingkungan dan berprestasi dengan tetap berlandaskan iman dan taqwa. Sedangkan Misinya yaitu:  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2. Mempererat persaudaraan antar siswa dengan menjaga kesopanan dan keharmonisan, 3. Menanamkan siswa disiplin dan jujur, 4. Menciptakan lingkungan sekolah yang  bersinar terang (bersih, indah, asri, rindang, tertib, aman, nyaman, dan tenang), 5. Mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler sesuai minat dan bakat siswa, 6. Merangkul seluruh kegiatan ekstra agar terbentuk kekeluargaan antar siswa, 7. Mengoptimalkan peran dan fungsi osis sebagai wadah siswa untuk berkarya dan berinovasi, 8. Memajukan prestasi sekolah dalam segala bidang. Dari Paslon 2 Visinya yaitu: Menjadikan siswa SMA Negeri 1 Dander  sebagai siswa yang berprestasi, ramah ligkungan, disiplin, mandiri, dan berakhlak mulia. Sedangkan Misinya adalah : 1. Menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan YME, 2. Meningkatkan kesadaran siswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan, 3. Menegakkan peraturan berkarakter di sekolah, 4. Mengoptimalkan peran osis dalam berbagai kegiatan, 5. Memperkuat rasa kekeluargaan antar warga sekolah, 6. Menyiapkan program kerja untuk menyalurkan bakat dan menambah pengetahuan.

Pemilihan ketua dan wakil ketua osis dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Dander. Yang menjadi panitia pemilihan yaitu Ibu Siti Fitriyah selaku Waka Kesiswaan, dan Ibu Tri Kristianawati selaku Asisten Waka Kesiswaan dan pengurus OSIS masa bakti 2019/2020. Pemilihan secara langsung diikuti oleh Bapak/Ibu guru, Karyawan SMA Negeri 1 Dander , Perwakilan MPK dan beberapa siswa yang melaksanakan pembelajaran luring di sekolah. Sedangkan Pemilihan secara online diikuti oleh seluruh siswa dan siswi yang belajar di rumah.

Pemilihan secara langsung dilaksanakan dengan berbagai tahapan yaitu, yang pertama harus absen terlebih dahulu, yang kedua pemilih dapat mengambil surat suara yang sudah disiapkan oleh panitia, yang ketiga pemilih dapat melakukan pemilihan dibilik secara jujur, rahasia, dan tanpa ada paksaan dari pihak lain, yang terakhir surat suara dimasukan ke dalam kotak yang sudah disediakan. Sedangkan pemilihan secara online dilakukan dengan cara mengeklik link yang sudah dishare oleh Bapak/Ibu Wali kelas kemudian seluruh siswa dan siswi bebas memilih tanpa adanya paksaan dari pihak lain. Pemilihan suara baik secara langsung ataupun secara online ditutup pada pukul 11:00 WIB. Setelah pemilihan suara ditutup dilanjutkan dengan penghitungan surat suara. Penghitungan surat suara secara langsung disaksikan oleh Panitia Pemilihan, Wakil MPK, dan beberapa Bapak/Ibu guru. Sedangkan penghitungan surat suara secara online masuk didata yang sudah dimonitori oleh panitia pemilihan.

Hasil akhir pemilihan ketua dan wakil ketua osis masa bakti 2020/2021 yaitu : Pemilihan secara offline, Paslon 1 berjumlah 109(Seratus sembilan), Paslon 2 berjumlah 53(Lima puluh tiga). Pemilihan secara online, Paslon 1 berjumlah 221 (Dua ratus dua puluh satu), Paslon 2 berjumlah 149 (Seratus empat puluh sembilan). Guru dan karyawan, Paslon 1 berjumlah 9 (Sembilan), Paslon 2 berjumlah 7 (Tujuh). Jadi total hasil surat suara adalah, Paslon 1 berjumlah 339 (Tiga ratus tiga puluh sembilan), Paslon 2 berjumlah 209(Dua ratus sembilan) dan Tidak sah berjumlah 4 (Empat).

setelah selesai pemilihan ada pesan dari Romanto selaku ketua osis masa bakti 2019/2020. Romanto berpesan, “Ingat dan peganglah janji suci pengabdianmu, berangkat dari sini akan ada semangat baru untuk bersatu, menjadikan SMA Negeri 1 Dander menjadi lebih maju. Terus lanjutkan program-program yang sudah baik dan tingkatkan untuk mencapai kesempurnaan. Usaha besar dan doamu yang akan mengangkat SMA Negeri 1 Dander menjadi lebih hebat. Harapan saya, tahap demi tahap telah terlewati, namun masih ada didepan yang harus diperjuangkan, saya optimis kalian nanti bisa untuk melewatinya bersama-sama menuju Smansada jaya, sekian terimakasih”.

Alhamdulillah pemilihan Osis masa bakti 2020/2021 berjalan dengan lancar. Semoga yang terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Osis amanah dalam mengemban kewajibannya. Untuk yang belum terpilih jangan patah semangat dan teruslah belajar dari pengalaman yang sudah kalian dapat.

Oleh: Nurwita Irfatus Sholikah dan Dimas Rangga Surya Buana (XII-MIPA 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *