SMA Negeri 1 Dander melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin(13/07/2020) s.d Jum’at (17/07/2020). Kegiatan yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X yang berjumlah 231 siswa. Kegiatan MPLS dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai 11:00 WIB.

      Kegiatan MPLS tahun ini tentunya sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena biasanya kegiatan MPLS dilakukan secara langsung di sekolah, namun untuk tahun ini kegiatan MPLS berlangsung secara daring atau online dari rumah. Hal ini dilakukan sebagai upaya  untuk mencegah penyebaran covid-19 tentunya karena anjuran dari pemerintah.

     Pembukaan kegiatan MPLS secara  daring  dipimpin langsung oleh Bapak Mashadi selaku Kepala  SMA Negeri 1 Dander. “Untuk anak-anakku yang mulai bergabung di SMA Negeri 1 Dander yang kita cintai. Hari ini diseluruh Indonesia kegiatan pembelajaran di tahun 2020/2021 sudah dimulai, ditandai dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Anak-anakku selamat bergabung, selamat menjadi keluarga besar SMA Negeri 1 Dander. Pada kegiatan MPLS saat ini memang kita tidak dapat bertemu secara langsung tapi pembelajaran jarak jauh dengan mode daring, tapi saya berharap kalian bisa mengikuti dengan baik dan dengan kesungguhan hati. Sebenarnya anak-anakku belajar bisa dimana saja, di sekolah, di rumah, atau di tempat lain yang representatif paling penting kita bisa menata niat, supaya kita bisa betul-betul memiliki keinginan untuk belajar. Di era pandemi covid-19 kita tidak bisa bertemu dan berlajar secara langsung, tapi jika suatu saat diperbolehkan kita semua harus memenuhi protokol kesehatan covid-19. Biarpun kita belajar secara jarak jauh tetapi kedekatan kita harus selalu terjaga. Anak-anakku salam untuk kedua orang tua kalian, sekolah sangat berterimakasih atas kepercayaannya  menitipkan kalian di SMA Negeri 1 Dander. Pada kesempatan MPLS saat ini kalian akan dikenalkan dengan seluruh komponen yang ada di sekolah yaitu, guru, karyawan, sarana prasarana, kurikulum pembelajaran, tata tertib, osis, ekstrakurikuler, dll, semua akan diperkenalkan secara daring. Semoga kalian bisa mengikutinya dengan cermat dan dengan kesungguhan hati supaya kalian bisa mengenal sekolah secara utuh”, Sambutan Bapak Mashadi selaku Kepala SMA Negeri 1 Dander.

     Setelah pembukaan MPLS secara daring dari Bapak Kepala Sekolah selesai, seluruh siswa kelas X melanjutkan pembelajaran pengenalan dari Youtube yang telah ditentukan sekolah  dari berbagai narasumber perwakilan beberapa daerah. Kegiatan MPLS berlangsung selama lima hari, pada hari pertama yaitu pembukaan MPLS dan materi dari berbagai sekolah SMA di Kabupaten Bojonegoro. Pada hari kedua Materi yang diberikan yaitu : 1) Pengenalan warga sekolah, yang dibimbing secara daring oleh Panitia MPLS,  2) Kesadaran berbangsa dan bernegara, yang disampaikan secara daring oleh TNI/Polri, 3) Wawasan Wiyata Mandala, yang dibimbing secara langsung oleh Ibu Siti Fitriyah. Pada hari ketiga materi yang diberikan terdiri dari :  1)Pendidikan karakter, yang dijelaskan secara daring oleh Bapak Rendra Sustiawan, 2) Kepramukaan, yang dibimbing secara daring oleh Bapak Priyono, 3) Tata krama dan ketertiban, yang disampaikan secara daring oleh Ibu Elisa, 4) Pengenalan K13 sistem paket, yang dijelaskan secara daring oleh Bapak Husin. Pada hari Keempat materi yang diberikan meliputi : 1) Pembinaan mental agama, yang dibimbing secara daring oleh Ibu Rohmatin, 2) Belajar Efektif, yang dijelaskan secara daring oleh Ibu Rini Riawati, 3) Pengenalan K13  dan sistem SKS, yang disampaikan secara daring oleh Bapak Husin. Pada hari terakhir materi yang diberikan yaitu : 1) Pemutaran video ekstrakurikuler, yang dipandu secara daring oleh Pembina ekstra masing-masing, 2) Pemutaran video bertema covid-19, yang dipandu secara daring oleh Petugas Puskesmas, 3) Penutup, yang dipimpin secara daring oleh Bapak Kepala Sekolah.

        “Alhamdulillah anak-anak kegiatan MPLS yang berlangsung secara daring yang dipandu oleh beberapa narasumber berjalan dengan lancar. Saya mengucapkan terimakasih kepada kedua orang tua kalian yang telah mendukung kegiatan MPLS mulai hari senin sampai hari jumat dengan baik meskipun ada beberapa kendala sinyal atau keterbatasan dari perangkat-perangkat siswa. Bapak/Ibu walas dan Pemateri sudah bekerja sekuat tenaga dan sebaik-baiknya untuk membimbing kalian supaya bersemangat dan senang belajar di SMA Negeri 1 Dander, begitu juga dengan bapak Ibu Guru, mereka sangat senang diberi kesempatan membimbing kalian, meskipun belum bisa bertemu secara langsung. Saya berharap dalam waktu dekat ini wabah covid 19 berangsur menurun sehingga wilayah kita dander dapat hijau kembali dan kita dapat bertatap muka secara langsung disekolah. Tapi setelah saya amati sampai saat ini Bojonegoro masih zona merah sehingga kita melaksanakan pembelajaran secara daring. Untuk pembelajaran minggu depan Bapak Ibu Walas akan mengkoordinir kalian, untuk anak-anak yang sampai saat ini internetnya belum konek maka akan dikunjungi oleh walas. Terimkasih untuk anak-anak yang sudah banyak berperan atif dalam kegiatan MPLS,  sekolah akan memberikan kalian reward  untuk acuan semangat kalian supaya lebih aktif dan bersemangat  lagi. Jika kalian belum mengerti  hal yang berhubungan dengan sekolah kalian bisa bertanya lebih jelasnya ke walas, atau mengadakan pertemuan kelompok kecil dengan walas namun dibatasi hanya 5 orang, selebihnya itu atau dalam pertemuan besar belum diperbolehkan, jangan lupa tetap mengikuti protokol kesehatan. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih untuk anak-anak yang sudah mengikuti MPLS dengan baik semoga kalian menjadi anak-anak yang sukses, berprestasi dan membanggakan”, pesan penutupan MPLS dari Bapak Mashadi selaku Kepala SMA Negeri 1 Dander.

Alhamdulillah kegiatan MPLS secara daring tahun pelajaran 2020/2021 berjalan dengan lancar dan siswa kelas X sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Semoga bumi kita lekas terbebas dari wabah covid-19 sehingga kita semua dapat melakukan kegiatan pembelajaran disekolah seperti sedia kala. Meskipun dalam keadaan yang tidak baik jangan pernah berhenti bermimpi dan menggapai apa yang kalian cita-citakan. Bersama SMANSADA mari menggapai cita-cita, sukses untuk  keluarga besar SMA Negeri 1 Dander. (NIS/Red)

Oleh: Nurwita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *