Monitoring dan evaluasi (Monev) SMA Double Track SMA Negeri 1 Dander dilaksanakan pada hari Kamis (18/06/2020). Sebagai sekolah yang terus senantiasa mengembangkan layanan kepada masyarakat terutama peserta didiknya, SMA Negeri 1 Dander sudah mulai dikenal di masyarakat sebagai salah satu sekolah yang unggul karena memiliki/melaksanakan program SMA Double Track. Program SMA Double Track adalah program yang dibuat oleh Pemerintah Jawa Timur melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Siswa yang terpilih untuk mengikuti program SMA Double Track nantinya akan diberikan pembelajaran tentang keterampilan tambahan dengan bidang tertentu selama dua semester penuh dan akan menjalani ujian teori serta praktek pada akhir pelaksanaan pembelajaran. Penguji dalam ujian akhir tersebut adalah trainer yang memberikan pembelajaran dan penguji dari ITS Surabaya. Siswa tersebut ketika sudah lulus akan mendapatkan sertifikat keterampilan yang dikeluarkan secara resmi oleh ITS Surabaya.Terdapat empat bidang keterampilan yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Dander pada tahun pertamanya menjadi SMA Double Track yaitu Multimedia, Tata Boga, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Listrik.

Pelaksanaan monev dilakukan setiap akhir semester untuk melihat progress keberhasilan program SMA Double Track yang telah dijalankan oleh sekolahan. Kali ini adalah monev kedua untuk SMA Negeri 1 Dander yang dilaksanakan dengan metode yang berbeda dari monev biasanya. Karena kondisi di tengah pandemi virus Corona yang masih melanda di Indonesia, maka penyelenggara SMA Double Track dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur membuat jadwal monev virtual lewat aplikasi Zoom untuk menilai progress SMA Double Track di semester genap ini. Jadwal monev virtual SMA Negeri 1 Dander pada hari kamis (18/06/2020) pukul 11.00 s.d 13.00 WIB, bertempat di ruang aula SMA Negeri 1 Dander dan dihadiri oleh seluruh Tim Pengelola SMA DT. Kebijakan ini dibuat karena akses internet yang terbatas, sehingga supaya pelaksanaan monev virtual berjalan lancar maka semua tim pengelola datang ke sekolahan. Tentu saja dalam pelaksanaannya seluruh tim pengelola SMA DT memakai masker, menjaga jarak dan mematuhi protokoler kesehatan pencegahan virus Corona.

Hal-hal yang menjadi penilaian pada monev virtual semester dua kali ini diantaranya: (1) terpenuhinya capain pembelajaran 120 jam selama satu tahun; (2) jumlah produk/jasa yang laku di pasar; (3) jumlah transaksi sekolah / DT Mart; (4) memiliki kemitraan dengan DUDI; (5) jumlah siswa yang sudah memulai usaha mandiri; (6) jumlah trainer dan media pembelajaran yang dibuat; (7) data testimoni siswa dan masyarakat terhadap program; (8) memiliki perencanaan strategi pengembangan SMA DT; dan (9) kontribusi sekolah ikut berperan aktif dalam menanggulangi Covid-19. Monev virtual berlangsung selama kurang lebih dua jam dan berjalan dengan sangat lancar. Ada sedikit kendala pada koneksi internet namun bisa segera diatasi oleh tim multimedia. Secara keseluruhan menurut tim monev, pelaksanaan Double Track di SMA Negeri Dander sudah berjalan baik. Kepala sekolah baru SMA Negeri 1 Dander, Drs. Mashadi, M.Pd. membuat program untuk tahun ajaran baru yang nantinya akan mengembangkan lebih jauh lagi pelaksanaan program SMA DT di SMA Negeri 1 Dander dengan membuat kios DT di depan sekolahan untuk memberikan tempat siswa-siswa DT berjualan produk/jasanya.

Sukses selalu untuk Program Double Track SMA Negeri 1 Dander.

SMA Double Track, Maju Bersama Hebat Semua, Gemilang!!! (rnd/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *