SMA Negeri 1 Dander mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten pada hari Rabu (15/04/2020). Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup. Adiwiyata merupakan salah satu program SMA Negeri 1 Dander. SMA Negeri 1 Dander memilih dan mengikuti program Adiwiyata sejak tahun 2017 dibawah kepemimpinan Bapak Wantono selaku kepala sekolah.

Alasan SMA Negeri 1 Dander memilih program Adiwiyata adalah karena  usia SMA Negeri 1 Dander sudah cukup yaitu berdiri pada tanggal 1 Juli 1993, termasuk program pemerintah, kepedulian warga sekolah untuk mewujudkan lingkungan sekolah hijau dan bersih (Green and Clean), sebagai tempat sumber pembelajaran bagi warga sekolah untuk membiasakan diri menuju hidup hijau dan bersih sehingga bisa diimplementasikan pada lingkungan masyarakat sekitar.

Adapun syarat untuk menjadi sekolah Adiwiyata yaitu:

  1. Personil sekolah proaktif.
  2. Lingkungan bersih, rindang, hijau.
  3. Tempat pebuangan sambah tersedia dengan cukup.
  4. Sekolah dilengkapi kolam, kandang burung, saluran air, taman, hutan sekolah, ventilasi ruang kelas cukup, sumber air cukup, toilet cukup.

SMA Negeri 1 Dander sudah memenuhi syarat tesebut sehingga mendapat penghargaan  dari Kabupaten. Adapun beberapa upaya yang sudah dilakukan SMA Negeri 1 Dander  yaitu : Kebersamaan menuju Adiwiyata dengan cara kompak menjaga kebersihan, warga sekolah mengikuti arahan Kepala Sekolah sebagai top meneger, kesadaran diri setiap warga sekolah.

Serta langkah selanjutnya yang diambil SMA Negeri 1 Dander adalah berusaha  mempertahakan dan meningkatkan menuju Adiwiyata provinsi, Nasional, bahkan mandiri. Adapun kendala  yang dihadapi untuk membangun SMA Negeri 1 Dander menjadi sekolah adiwiyata yaitu, Dana yang amat sangat terbatas dan kepedulian warga sekolah yang tidak proaktif. Perubahan dari program Adiwiyata terhadap SMA Negeri 1 Dander diantarnya, yang pertama kebiasan hidup warga sekolah jadi lebih baik, yang kedua mendapat nama baik di masyarakat, yang ketiga meningkatkan minat masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya di SMAN 1 DANDER, dan yang terakhir peserta didik belajar lebih nyaman.

Oleh: Nurwita dan Wulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *