Pada kenyataannya setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Namun seiring dengan perkembangnya zaman, dimana sekarang kita sudah memasuki era industri 4.0 yang berarti kita dituntut untuk menyibukkan diri untuk dapat bersaing meraih kesuksesan. Dalam keseharian yang menyibukkan, terkadang kita menjadi lupa menjalani pola hidup sehat guna menjaga kesehatan. Akibatnya, kita menjadi rentan terjangkit berbagai macam penyakit dan tidak jarang penyakit tersebut adalah penyakit serius.

Jika kita sudah terlanjur terjangkit penyakit, maka akan ada banyak hal yang merepotkan dan merugikan. Kita harus mengeluarkan biaya untuk periksa ke dokter, beli obat, pergi kontrol, belum lagi biaya untuk ‘riwa-riwi’, aktifitas menjadi tertunda dan kita juga pasti akan merepotkan orang lain yang dekat dengan kita atau orang yang kita sayangi. Hal tersebut hanya sebagian hal dari banyaknya kerepotan yang terjadi pada saat kita terjangkit penyakit. Untuk menghindari hal tersebut, langkah paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan menjalani pola hidup sehat.

Pola hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Kebanyakan dari kita menganggap bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit untuk dijalani. Namun sebenarnya ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk menjaga diri kita tetap sehat.

Di bawah ini ada beberapa tips pola hidup sehat yang mudah dijalani dan dijamin akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan bugar.

1. Rutin Berolahraga

Olahraga adalah hal yang penting untuk dilakukan. Berapapun usiamu, usahakan untuk tetap aktif secara fisik. Banyak orang yang beranggapan olahraga adalah kegiatan yang merepotkan,melelahkan, maka tidak heran apabila sekarang banyak orang yang malas untuk berolahraga. Padahal olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Bila kamu belum terbiasa berolahraga, kamu dapat memulainya dengan olahraga kecil seperti melakukan pemanasan dipagi hari setelah bangun tidur, atau jalan-jalan mengelilingi rumah. Jika sudah merasa lebih semangat untuk berolahraga, kamu bisa melakukan joging atau bersepeda. Lakukanlah olagraga rutin supaya tubuh kamu sehat dan terus bugar setiap saat.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan adalah faktor yang penting dalam hidup sehat. Makanan bergizi tidak harus mahal. Kamu dapat mengganti makananmu dengan mengonsumsi makanan yang penuh gizi seperti rendah gula, kaya serat dan banyak vitamin. Makanan bergizi akan sangat membantu tubuh kamu untuk menjadi lebih sehat. Hindari sering mengonsumsi makanan berlemak dan makanan yang mengandung bahan pengawet karena hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh. Perbanyak makan sayuran dan buah.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup juga penting dalam pola hidup sehat. Kebutuhan istirahat dan tidur setiap individu berbeda-beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang dijalani. Orang yang tidak mempunyai waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker atau jantung. Sesibuk apapun itu kamu usahakan untuk selalu beristirahat yang cukup.

Namun jangan salah, tidur berlebihan juga tidak baik dan tentunya merugikan. Menurut salah satu studi, tertidur lebih dari delapan jam secara konsisten dapat menurunkan tingkat konsentrasi seseorang. Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, tidur dapat membantu kamu untuk membentuk tubuh yang proporsional. Tidur dalam posisi yang baik juga dapat merangsang kreativitas dan meningkatkan ingatan. Maka aturlah jam tidur kamu agar bisa mendapatkan tidur yang efektif dan hidup sehat. Jangan lupa untuk jauhkan HP kamu saat tidur supaya mengurangi radiasi agar tidur kamu berkualitas.

4. Perbanyak Minum Air Putih dan Gosok Gigi Secara Teratur

Minum air putih yang banyak penting untuk tubuh kita. Kamu harus minum air putih minimal dua setengah liter per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain penting untuk kesehatan, kekurangan air atau cairan dalam tubuh juga bisa membuat konsentrasi kita menurun. Maka perbanyaklah minum air putih mulai sekarang.

Manfaat lain banyak minum air putih adalah untuk menjaga kesehatan mulut kamu. Dengan minum banyak air putih, produksi air liur kamu akan meningkat. Kesehatan mulut sangat berkaitan erat dengan kebugaran tubuh kita. Mengapa? Karena mulut adalah tempat dimana bakteri mudah berkembang biak karena kondisinya yang lembab. Jadi apabila bakteri pada mulut dibiarkan, dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Maka jagalah kebersihan mulut kamu dengan rajin menggosok gigi. Gosok gigilah secara teratur terutama setelah makan dan sebelum tidur dan rajinlah berkumur, bagi yang muslim berkumurlah pada saat berwudhu. Dua hal ini adalah kegiatan yang kita lakukan setiap hari dan tidak memerlukan waktu yang banyak.

5. Berpikir Positif

Secara psikologi, berpikir positif adalah aktivitas berpikir yang dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan aspek positif pada diri, baik itu yang berupa potensi, semangat, tekad maupun keyakinan diri sehingga memunculkan perasaan, perilaku dan hal baik yang menjadi sistem berpikir.

Para peneliti telah menemukan manfaat dari berpikir positif untuk kesehatan. Salah satu manfaat berpikir positif adalah membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Berpikir positif tidak hanya dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, tetapi juga dapat membuat otak manusia menjadi lebih sehat dan dapat memperpanjang usia seseorang. Seseorang dengan pemikiran positif akan lebih merasa bahagia dan hal ini akan dapat memicu kamu untuk menjadi orang yang lebih produktif. Maka mari selalu utamakan berpikir positif dan jangan lupa selalu bersyukur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *