SMA Negeri 1 Dander ikut serta menjadi Peserta Festival Sekolah Double Track di Gedung Jatim Expo Surabaya, Minggu (29/12/2019). Kegiatan yang dibuka oleh Gubernur Jawa Timur ini diikuti oleh beberapa siswa dan siswi perwakilan dari Double Track Multimedia dan Double Track Tata Boga SMA Negeri 1 Dander didampingi oleh Bapak dan Ibu Guru Pembina, serta perwakilan dari sekolah lain yang ada di Jawa Timur. Kegiatan Festival Sekolah Double Track ini dimulai pukul 07:00 WIB dan berakhir pada pukul 19:00 WIB.

“Agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dan produk kita bisa terjual banyak mari kita berdoa bersama sebelum kegiatan dimulai. Kerjasama dan kekompakan sangat berperan penting dalam kegiatan ini. Bapak harap kalian semua dapat bekerjasama antara satu sama lain dengan baik karena kita membawa nama baik SMA Negeri 1 Dander.” Ujar Wakil Kepala Sekolah sekaligus operator DT SMAN 1 Dander, Bapak Husin.

Kegiatan ini diawali dengan persiapan, mulai dari penataan tempat, pemasangan spanduk, menghias stand pameran. Setelah persiapan tempat selesai mereka mempersiapkan produk masakan/makanan dan barang yang akan dipamerkan dan dijual.

Untuk Double Track Multimedia SMA Negeri 1 Dander mereka menghasilkan sebuah karya  yang  sangat menarik dan unik yaitu, gantungan kunci ekspress line art. Gantungan kunci yang dipamerkan dan dijual bukan gantungan kunci ekspress line art biasa, melainkan gantungan kunci ekspress line art  yang bergambarkan sesuai dengan selera pembeli. Pembeli dapat menentukan gambar pada gantungan kunci yang mereka pesan bisa berupa foto pribadi, misalkan foto bersama pasangan, foto sendirian, dan foto bersama keluarga. Proses pembuatan gantungan kunci ini tentu saja tidak mudah karena harus melalui beberapa tahapan yaitu: pendesainan, pencetakan, dan pengemasan. Meskipun terbilang tidak mudah dan sangat rumit namun hasil dari gantungan kunci ini sangat memuaskan konsumen karena gambar yang didesain sesuai dengan gambar aslinya dan hasil cetakannya sangat rapi. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 15.000 kita dapat memiliki gantungan kunci yang unik itu. Sangat luar biasa hasil karya dari Siswa Double Track Multimedia SMA Negeri 1 Dander, keberhasilan mereka tentunya berkat kerja keras mereka dan juga bimbingan dari Bapak dan Ibu Guru Pembina.

Untuk  Double Track Tata Boga SMA Negeri 1 Dander mereka memproduksi beberapa makanan yang sangat menarik, unik, dan enak, baik dari rasa ataupun dari tampilan yaitu: jengkol balado, dan tahu bakso lele. Setelah mereka selesai menata makanan di atas meja yang akan mereka jual, datanglah beberapa pembeli yang sedang asik melihat lihat makanan mereka dan juga menanyakan harga dari makanan tersebut. Tidak lama kemudian jengkol balado, dan tahu bakso lele yang mereka jual habis laris manis diserbu pembeli. Makanan yang mereka jual laku banyak karena dari segi tampilan sangat cantik, menggugah selera makan, dan pengemasannya sangat rapi. Tentu saja konsumen langsung menyerbu makanan dari Double Track Tata Boga SMA Negeri 1 Dander. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 20.000 kita dapat menikmati makanan yang enak itu. Sangat membanggakan sekali siswi dari Double Track SMA Negeri 1 Dander mereka tidak hanya hobi berdan dan melainkan sangat mahir dalam memasak dan sudah layak untuk dijual. Itu semua tidak jauh dari usaha dan kerja keras mereka dan bimbingan dari Ibu guru Pembina.

Kegiatan festival sekolah double track ini tentu saja sangat bermanfaat bagi seluruh siswa dan siswi yang mengikutinya. Karena mereka mendapatkan banyak pengalaman yang sebelumnya belum mereka dapatkan, tentu saja pengalaman ini sangat berharga untuk mereka. Dari pengalaman ini mereka dapat belajar bagaimana sulitnya usaha mendapatkan penghasilan yang akan mereka hadapi setelah lulus sekolah. Kalian dapat menceritakan pengalaman kalian saat mengikuti festival sekolah double track ke teman kalian agar mereka semua tau pentingnya memiliki skil agar dapat menghasilkan penghasilan untuk bertahan hidup.

Untuk teman-teman yang sudah didata untuk mengikuti double track baik double track multimedia, tataboga, tkr, dan listrik, saya berpesan buanglah rasa malas pada diri kalian dan rajinlah masuk saat double track, karena sekolah sudah bersusah payah membekali kalian skil untuk masa depan kalian. Tidak semu anak kelak mendapatkan keberuntungan dan kesuksesan oleh karena itu dengan adanya doble track disekolah Bapak dan Ibu Guru berharap kalian dapat memanfaatkan ilmu yang kalian dapatkan saat double track untuk masa depan kalian. Untuk teman-teman yang tidak terdata mengikuti double track karena kuota terbatas tidak usah berkecil hati karena kalian dapat sharing keteman kalian yang mengikuti double track agar wawasan kalian bertambah. Sukses untuk Double Track SMA Negeri 1 Dander…..

Oleh : Nurwita Irfatus Sholikah (XI-MIPA 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *